hit counter
Sedekah Program

Source Code Gratis dan Belajar Pemrograman

Wednesday, September 9, 2015

Ingin Buka Kursus Komputer? Baca Ini Dulu!

kursus komputerKursus komputer atau IT, mungkin bisa dijadikan peluang cerdas yang menghasilkan. Apalagi zaman sekarang teknologi sudah berkembang dengan pesat. Anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sudah familiar dengan kehidupan teknologi. Banyak generasi muda yang ingin belajar dan mengasah potensinya di bidang teknologi.

Namun, apakah membuka kursus komputer itu mudah? Jika dibayangkan sepertinya mudah, tapi dalam praktiknya, kita perlu mengurus berbagai macam kebutuhan seperti pengajar, tempat kursus, beberapa set komputer, hingga menyiapkan mekanisme pendaftaran. Semua itu tidak sekedar menyiapkan saja, tapi butuh bumbu-bumbu inovasi agar kursus yang didirikan bisa memikat peserta.

Durasi dan honor untuk pengajar

Menurut Arga Dinata, seorang yang pernah berpengalaman mengajar di beberapa tempat kursus komputer, memaparkan dalam diskusi forum PHP Indonesia, bahwa tempat kursusnya di Malang yang saat itu UMR-nya mencapai Rp. 1.650.000, menetapkan honor mengajar per-sesi seharga Rp. 40.000-70.000. Satu sesi pembelajaran berdurasi sekitar 2x50 menit, dan tempat kursus yang lain juga menetapkan standar durasi yang serupa.

Berapa standar biaya pendaftaran?

Menurut beberapa sumber, harga biaya pendaftaran untuk masuk ke sebuah kursus tidak mahal-mahal. Paling seharga Rp. 100.000. Itupun dengan ketentuan rincian seperti untuk biaya snack atau makan siang pendaftar/peserta ketika mengikuti tes pendaftaran (jika ada). Kalau pendaftaran tidak melalui tes tertulis atau tanpa melibatkan kedatangan peserta, anda dapat merinci biaya pendaftaran sendiri. Biaya pendaftaran sebaiknya rasional dan dapat dipertanggung jawabkan kerinciannya.

Biaya kursus

Biaya kursus tentu beda dengan biaya pendaftaran. Jika dalam pendidikan formal ada biaya pendaftaran, dan biaya operasional, maka dalam kursus terdapat biaya yang digunakan untuk nyumbang beli alat keperuan kursus seperti, komputer, internet, dan lain-lain.

Pada awal September 2015, sebuah perusahaan kursus IT, itkomputer.com, menetapkan biaya kursus dengan ketentuan yang berbeda-beda sesuai dengan kualitas materi tiap kelas-nya.
  • Biaya: Rp. 1.200.000/orang kelas reguler 
  • Biaya: Rp. 1.900.000/orang kelas private 
  • Biaya: Rp. 2.850.000/orang. Kelas in house training minimal 3 peserta kursus.
Biaya yang disebutkan diatas untuk membiayai delapan sesi pertemuan yang berdurasi 120 menit setiap pertemuannya.

Materi yang diajarkan

Sebelum membuka kursus, anda perlu memikirkan materi yang akan diajarkan. Misalkan anda akan membuka kursus komputer tentang desain grafis, maka anda harus mulai membuat planning, "apa saja yang akan saya ajarkan di dalam kelas?".

Materi yang berhubungan dengan desain grafis misalnya:
  • Penggunaan aplikasi Photoshop
  • Membuat banner
  • Membuat animasi menggunakan Photoshop
  • Membuat pamflet, leaflet
  • dan masih banyak lagi...
Semakin banyak materi yang anda tawarkan, dapat menarik minat orang-orang yang ingin belajar desain grafis. Tapi jangan sampai anda menawarkan banyak materi keahlian, sedangkan anda sendiri tidak menguasainya, nanti peserta akan kecewa dengan pelayanan jasa anda.

Fasilitas

Selain jasa, anda perlu menyediakan fasilitas yang memadai dalam melangsungkan kursus IT anda. Seperti mulai menyediakan beberapa set komputer untuk peserta kursus, internet, LCD proyektor, AC, bahkan tempat parkir. Yang jelas, kenyamanan peserta jangan disepelekan.

Dan masih banyak lagi...

Jika anda memiliki inovasi lain, anda dapat menambahkannya pada kursus komputer anda, agar tempat kursus anda disukai, digandrungi dan bermanfaat oleh anak-anak bangsa. Oh iya, satu lagi, jangan lupa untuk mempromosikan kursus komputer anda. Tempat yang tepat untuk mempromosikan mungkin bisa lewat forum-forum di media sosial atau dengan memasang pamflet pada papan penting di kota-kota besar.

(photo by morguefile.com)

Ingin Buka Kursus Komputer? Baca Ini Dulu! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Alvian Casablancas

2 comments:

  1. Sebenarnya saya juga ingin buka kursus komputer, teman-teman saya juga memberikan saran membuka kursus komputer, tapi pertimbangannya ya itu tadi yang sudah di ulas dipostingan ini, banyak kendala, terimakasih

    ReplyDelete
  2. Gak pernah kepikiran matok harga setinggi itu sih. Tapi jujur kaget kalo ternyata memang diluar sana banyak yang sudah mematok setinggi itu, kayaknya aku dan suami juga gak masalah lah ya.. tinggal beli meja dan kursi komputer nya aja, mungkin ini juga harus aku konsepin biar nggak plain dan nambahin suasana yang nyaman di ruangan kursus nanti. Thanks yaa artikelnya ^^

    ReplyDelete